Hot-News

Berita Terbaru

Pengetahun

Politik

Style4

Style5

Painan 8 September 2015


ILUSTRASI


PAINAN, Masyarakat yang terdapat pada lima nagari di kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, mengeluhkan nasib mereka ke pemda pessel, dikarenakan sawah yang sedang mereka  garap mengalami kekeringan hal itu dipicu oleh bobolnya saluran irigasi yang terdapat di kampung Batu Kunik. Saluran tersebut biasanya berfungsi untuk mengairi  ratusan hektar persawahan milik masyarakat, kerna bobolnya saluran irigasi tersebut sangat dikhawatirkan petani bisa akan mengalami gagal panen. lima nagari yang menjadi dampak bobolnya irigasi batu kunik tersebut adalah, Nagari Batu Kunik, Nagari Taratak Tangah, Nagari Lumpo, Nagari Ampang Tareh, dan Kampung Ampuan. Penderitaan yang dialami masyarakat petani tersebut sudah diberitahukan ke pemerintah daerah kabupaten pesisir selatan Ujar Suhardi "Wali Nagari Lumpo" Namun sampai sekarang tidak ada sedikitpun penanganan serius dari pemda pessel untuk mengatasi penderitaan  yang bakal  melanda rakyatnya.

Menurut Suhardi , jebolnya saluran irigasi tersebut diakibatkan oleh hantaman banjir beberapa bulan lalu, namun sampai saat sekarang ini belum ada pertanda  akan dilakukannya perbaikan dari pemerintah daerah, untuk melakukan perbaikan tersebut masyarakat tidak bisa berbuat banyak dikarenakan pekerjaan itu tidak bisa mengandalkan tenaga manusia, namun harus mengunakan alat berat/Ekskavator.

Dampak jebolnya saluran irigasi tersebut , Lebih kurang sekitar 70 hektar lahan pertanian masyarakat di Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai Pesisir selatan bakal terancam gagal panen kerna akan mengalami kekeringan, pasalnya saluran irigasi dari  Kapalo Banda  tidak bisa berfungsi dengan baik untuk mengirimkan sumber air menuju sawah masyarakat pasalnya saluran terhalang oleh timbunan material pasir dan batu yang dibawa oleh banjir.

Kondisi tersebut membuat masyarakat merasa resah dan cemas, sebab  sawah mereka tidak bisa lagi berproduksi, padahal hasil pertanian adalah  andalan utama penopang  ekonomi masyarakat setempat, Walai nagari Bungo Pasang Kec IV Jurai Gusman mengatakan, masalah kerusakan irigasi ini, pihaknya sudah memberitahukan juga kepada pemda agar upaya perbaikan bisa dilakukan secepat mungkin, namun sampai saat sekarang belum ada realisasinya. Gusman mencemaskan jika hal ini tidak cepat di antisipasi oleh pemda maka perekonomian 5 nagari tersebut akan semakin lumpuh beriringan dengan semakin memburuknya perekonimian indonesia pada saat sekarang ini (grata).

About Unknown

Hanya seseorang yang hobi dengan dunia digital "Biographical Info" Memberikan info yang bermanfaat untuk semua orang.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:


Top